🍵 Resep MAHSI SAYURAN ISI DAGING CINCANGMASAKAN KHAS KURDISTAN KITABERBAGI 🍜


Credit By:

🦐 Bahan-bahan

5-6 porsi
  1. 3 buah Terung hijau ukuran besar, kupas semua sisi
  2. 3 buah Terung ungu ukuran besar, kupas dua sisi dan biarkan berkulit 2 sisi lainnya
  3. 1 ikat Seledri, iris halus
  4. 5 helai Daun bawang (opsional), iris halus
  5. 3 buah Bawang bombay ukuran besar, cincang kasar
  6. 250 gram Daging sapi cincang
  7. 100 gram Kismis
  8. secukupnya Garam
  9. secukupnya Jinten bubuk (opsional)
  10. 5 sdm Minyak goreng
  11. 4 buah Tomat ukuran sedang, potong dadu
  12. secukupnya Air
  13. 1/2 sdm pasta tomat, dilarutkan dengan 1/3 gelas air

⏲ Cara Memasak

  • Isi: Panaskan minyak, masukkan daging cincang, garam dan jinten lalu tumis hingga setengah matang. Masukkan irisan seledri, masukkan irisan daun bawang, aduk dan masak hingga matang sempurna. Masukkan kismis dan aduk rata, biarkan sekitar 5 menit aduk kembali lalu koreksi rasa. Angkat dan sisihkan.
  • Terung yang sudah dikupas lalu masing-masing dipotong menjadi 2 bagian sehingga total ada 12 potongan. Keruk bagian dalam terung membentuk ruang untuk diisi dengan tumisan daging cincang. Hati-hati jangan sampai menembus/membuat lubang pada bagian sekeliling terung dan ujungnya. Goreng semua potongan tersebut dengan minyak panas sampai setengah matang, boleh taburi sedikit garam saat menggoreng terung. Goreng juga potongan hasil kerukan terung.
  • Setelah terung agak dingin, isi setiap terung dengan tumisan daging cincang, padatkan sampai ruang bagian dalam terung terisi penuh.
  • Siapakan panci dan masukkan potongan tomat ke dalam panci, masukkan garam secukupnya lalu aduk rata. Atur potongan tomat agar tersebar merata di dasar panci. Letakkan terung di atas tomat dengan posisi 2 potongan terung saling berhadapan. Buat tumpukan terung ke atas jika bagian bawah sudah penuh. Masukkan juga potongan hasil kerukan.
  • Masak dengan api sedang dan tunggu hingga tomat menjadi layu dan berair. Selanjutnya masukkan air ke dalam panci sampai menutupi tumpukan terung bagian paling bawah. Masukkan larutan pasta tomat dan cek rasa. Masak dengan api sedang dan panci tertutup selama 20 menit. Cek air, jika sudah hampir habis maka tambahkan sebanyak 1/2 gelas lalu masak kembali dengan api kecil selama 10'.
  • Cek apakah terung bagian atas sudah empuk. Jika belum empuk masak.kembali selama 5 menit. Catatan: Sebelumnya jangan lupa cek air, jika sudah habis tambahkan kembali 1/2 gelas sebelum dimasak kembali selama 5 menit.
  • Jika terung bagian atas sudah empuk maka sudah matang dan siap disajikan. Ba akhoin!

  • Coba Juga Resep Berdasarkan Variasi Bahan:
    SAMBAL BAKSO DAGING SAYUR TELUR CUMI AYAM ASPARAGUS KERUPUK KUAH TUMIS BUBUR TEMPE TAHU IKAN SUSU KERUPUK KRIPIK JENGKOL UDANG TERI ROTI KACANG MIE SOSIS KEJU KUE PULUT TERONG PETE SAGU SANTAN

    Mungkin Anda Tertarik

    NASI KABLIKEBULI KAMBING RICE COOKER


    SELUANG PAKAI KELAPA PARUT